TUTORIAL MACROMEDIA FLASH

TUTORIAL LIGHTING MASK

Langkah pertama dengan membuka layar Macromedia Flash terlebih dahulu. Selanjutnya atur ukuran pada kanvas/stage dengan aturan panjang 350 px dan lebar 75 px. Pengaturan dapat diatur pada property size, dan pada backgound color gunakan background yang berwarna gelap, dengan tampilan sebagai berikut.

Setelah background size dan warna ditentukan, sekarang saatnya untuk membuat sebuah tulisan. Pilih Lambang “A” pada toolbar, lalu tentukan jenis, warna dan style tulisan lalu klik pad stage dan tuliskan sesuatu. Seperti pada gambar dibawah ini. Maka untuk merapikannya agar terlihat seperti rata tengah pada bagian horizontal dan vartikal, pada tool align pilih stage dan pilih “Center Vertical” dan “Center Horizontal”. Lalu langkah selanjutnya yang harus kita kerjakan adalah, klik pada bagian tulisan lalu pilih pada menu bar “Modify” pilih “Break Apart”, proses ini dilakukan sebanyak 2 kali, sehingga mendapat tampilah sebagai berikut: Lalu langkah selanjutnya adalah pilih pada menu bar “Windows”, lalu pilih “Color Mixer” dan pada type kita bisa pilih “Linear”, maka akan keluar tampilan sebagai berikut: Pada bagian Alpha, silahkan gunakan sebuah pilihan warna lagi dengan klik pada bagian tersebut.

Kita dapat menggunakan pilihan warna apa saja dengan “Double klik “ pada pilihan warna yang kita buat tadi. Lalu pada bagian alpha pojok kiri dan kanan silahkan buat menjadi “0%”. Selanjutnya pada tool box pilih “Paint Bucket Tools”, lalu perbesar gambar sebesar “400%”. Langkah selanjutnya adalah klik pada tulisan, drug dari bawah ke kanan, maka akan tampak sedikit perubahan sebagai berikut. Lalu langkah selanjutnya, masih dalam keadaan tersorot tulisannya, pilih “Modify” lalu pilih “Convert to Symbol” dan lakukan langkah berikut sebanyak 2 kali, seperti pada gambar berikut: Lalu Klik 2 kali pada teks untuk membuka galeri teks mov yang kita buat tadi.

Dan selanjunya tambah beberapa frame, yang diberinama frame 2 dan frame 3. Pada frame 1 kita klik kanan lalu kita pilih “copy”, pada frame 3 kita klik kanan lalu kita pilih “paste”. Lalu pada frame 2 kita akan membuat kan sebuah sinar dengan menggunakan kotak (retangle Tools), dan pada pilihan warna tersebut kita tak membuatuhkan 4 warna. Kita cukup membutuhkan hanya 3 warna saja. Cara menghilangkan warnanya hanya tinggal tarik warna tersebut ke bawah saja. Lalu kita bisa memulai untuk membuat kotaknya.

Buat kotak pada bagian samping stage, lalu pada frame ke-45 pada layer 3 dan layer 1 silahkan klik kanan dan “Insert frame”, dan layer2 “insert Key Frame”. Selanjutnya pada bagian tengah frame klik kanan dan pilih “Create Motion” dan pada layer 3 klik kanan dan pilih “Mask”. Lalu kita kembali pada “scene 1” lalu ubah frame rate menjadi “30” agar sinar ampak lebih kenang. Selanjutnya coba jalankan dengan Control “Test Movie”, seperti gambar berikut: Prespective Teks Pada tutorial 3 kita membuat prespective teks dengan menggunakan berbagai macam teknik dan menggunkan beberapa layer dimana pada teknik prespective teks kita membuat tulisan berjalan sesuai dengan garis yang kita buat yaitu sebagai berikut.

Hal yang pertama kita lakukan adalah membuka gambar yang akan ditambah tulisa atau teks yang bergerak sesuai dengan garis yang kita buat dengan cara pilih file atau gambar ayang kita inginkan lalu klik tahan dan bawa ke aplikasi adobe flash lalu lepaskan dan disana kita juga bisa mengatu berapa ukuran gambar apakah tinggi atau lbar gambar pada tombol propertis. Setelah itu kita tambahkan layer baru untuk tempat teks atau tulisan dengan cara klik insert layer lalu dita ubah layer ter sebut menjadi nama yang kita inginkan setelah itu ambil teks tool yang berguna untuk menulis teks . Setelah itu kita tambahkan layer baru lagi untuk layer garis dimana garmbar bisa bergerak sesuai dengan tulisan yang kita buat kita buat tadi. Setelah itu kita pilih guide dengan cara klik kanan pada layer guide lalu pilih guide yang berguna untuk membuat jalur gerak untuk teks.

Setelah itu pilih line tool untuk membuat garis prespective dengan cara tarik kursor lalu arahkan ke ketitik atau fimana garis saling bertemu. Setelah itu masukan teks kedalam garis sebelum itu jelaskan tulisan dengan cara menambahkan warna dengan menggunakan tombol ink bottle toolsehingga membuat tulasan menjadi berwarna. Setelah itu sesuaikan tulisan dengan mengunakan free transfrom tool dimana tulisan mengikuti garis supaya selaras dengan ukuran garis. Setelah itu kita pilih modify lalu Lalu akan muncul kotak pesan seperti dibawah ini yang mana gambar yang kita sesuaikan tadi menjadi patokan akhir hasil lalu tekan ok Lalutarik tulisan kearah titik hilang dimana disana tulisan kan muncul dari sana, sebelumitu kita insert key frame pada layer tulisan lalu insert frame pada layer 1 dan layer garis atau guuide.

Setelah itu baru kita tarik ketitik hilang dan sessuaikan sesuai dengan garis prespective tadi Setelah itu pilihcreate motion tween untuk menggabungkan kdisi tulisan pada titik hilang dan titik akhir pada garis prespective Sehingga tulisan akan bergeser ketengah Setelah itu siap dijalnkan dengan cara tekan tobol control dan enter secara bersamaan, atau tekan tombol control pada menu bar lalu ambil test movie. Setelah itu siap dijalankan

About azhariahnuzwar

hello world,,!! my name's azhariah nuzwar. I was born in Matur in December 02 1992. and now i go to State Polytechnics of Padang collage. My department is Technology of Information. My hobbies are learn a foreign languanges.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s